5 Tips Rahasia Menulis Bebas

5 Tips Rahasia Menulis Bebas

Pernah mendengar istilah menulis bebas? Yup, hampir semua blogger dan penulis buku menjalankan trik ini saat kesulitan mendapat ide. Cara ini adalah memaksa kita untuk menulis semua hal yang ada dalam pikiran ke dalam tulisan. Entah itu perasaan suka, duka, tertekan, kecewa dan lain-lain semuanya boleh dituliskan. Tapi tahukah rahasia agar tulisan bisa mengalir bebas? Kali ini saya bagi resepnya.

  1. Cobalah secara bebas.

Yang utama adalah membebaskan semua pikiran kita dari sifat tertekan. Anggap menulis artikel adalah acara suka-suka dan hiburan. Kalaupun nanti tulisan Anda tidak ada yang baca ya sudah. Mungkin itu artinya Anda perlu latihan lebih rajin dalam menulis artikel.

  1. Bekerja menurut pemikiran pribadi.

Kalau selama ini Anda terpesona oleh kharisma sosok idola, kali ini lupakan dia. Lupakan semua bayang-bayang para tokoh sukses yang selama ini Anda kagumi. Buktikan bahwa hari ini adalah milik Anda dan semua orang akan tertarik membaca tulisan Anda yang diwarnai ruh pribadi Anda.

  1. Usahakan suka sedikit berbohong waktu menulis.

Berikansentuhan fantasi terliar alam pemikiran Anda. Sedikit berdusta pada pembaca tidak akan ketahuan. Imajinasi yang bagus kerapkali mendatangkan inspirasi menulis yang hebat. Ciptakan pemikiran bahwa Anda adalah penulis hebat sepanjang masa.

  1. Perbanyak ide menulis dengan banyak referensi.

Bersikaplah kreatif dengan sebanyak mungkin membaca referensi, mengamati kondisi di lapangan dan mendengar lebih banyak hal-hal yang selama ini cuma numpang lewat di telinga. Banyak ide itu lebih baik daripada satu ide sehingga Anda relatif mudah memilih-milih ide yang bisa dieksekusi dalam artikel.

  1. Bangunlah cadangan ide pemikiran.

Maksudnya gini, perluaslah cakrawala berpikir Anda dan jangan membatasi diri pada satu sudut pandang saja. Boleh saja topik yang Anda bahas cuma satu. Namun bagaimana kita menyajikan dengan perspektif yang lebih luas itulah yang lebih memudahkan kita dalam menggali ide.

 

Poin-poin di atas dalam prakteknya perlu latihan yang berulang-ulang. Tidak ada yang instant langsung bisa. Practise makes perfect you know. Dan kalau sudah pernah berhasil mencobanya sekali, saya yakin menulis artikel berikutnya tidak akan sulit lagi. Selamat Mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *