5 Fitur Rahasia Mesin Pencari Google

5 Fitur Rahasia Mesin Pencari Google

Mbah Gugel, begitulah sebutan orang-orang terhadap salah satu mesin pencari nomor satu di dunia ini. Setiap orang baik anak kecil, anak kuliahan, sampai orang dewasa pun suka sekali bertanya dan mencari jawaban pada si Google. Yap, Google sudah menjadi semacam mesin ajaib, yang tahu apa saja yang kita inginkan. Nah loh!

Kenapa musti Google? Yah karena google ini mesin pencari paling canggih. Dia memiliki direktori penyimpanan data situs dan kata kunci paling lengkap dari mesin pencari manapun. Keren!

Dan tahukah anda? Ternyata Mesin pencari google ini termasuk mesin pencari paling cerdas. Ada beberapa fitur google yang mungkin belum anda ketahui yang membuat mesin pencari ini semakin luar biasa. Apa saja fitur cerdas dari google ini? Simak penjelasan dibawah ini :

1. Informasi Cuaca

Mesin pencari google bisa digunakan untuk mengetahui cuaca sekarang di seluruh kota di dunia. Cara menggunakannya, cukup ketikkan cuaca spasi nama kota (dalam bahasa inggris). Maka google akan menampilkan cuaca di kota yang dimaksud dengan info yang sangat up to date.

Contoh : “Weather Jakarta” maka hasilnya akan seperti dibawah ini :

2. Skor Olahraga

Untuk melihat skor dan jadwal pertandingan olahraga, ketik nama tim atau nama liga pertandingan ke kotak telusur. Semua data olahraga disediakan oleh STATS, Inc. Tapi ini hanya berlaku ketika musim pertandingan berlangsung.

3. Kalkulator Pintar

Sudah tahu? Ternyata mesin pencari google juga bisa dijadikan kalkulator untuk perhitungan matematika. Caranya, ketikkan perhitungan yang hendak dicari hasilnya pada kotak pencarian google dan anda akan melihat hasilnya. Keren..

Operator matematika yang digunakan :

Penjumlahan (+) contoh : 10+5 hasilnya 15
Pengurangan (-) contoh : 20-10 hasilnya 10
Pembagian (/) contoh : 30/10 hasilnya 3
Perkalian (*) contoh : 10*10 hasilnya 100
Perkalian Pangkat (^) contoh : 5^2 hasilnya 25
Persentase (%) contoh : 10% of 50 hasilnya 5
Akar (sqrt) contoh : sqrt(25) hasilnya 5
Logarithma (log) contoh : log(1000) hasilnya 3
Trigonometri (sin, cos, tan) contoh : cos(90) hasilnya 0

Anda juga bisa mengkombinasikan rumus-rumus diatas sampai perhitungan tingkat sulit sekalipun bisa! Contoh :

4. Konversi Mata Uang

Selain sebagai kalkulator, mesin pencari google juga bisa kita gunakan sebagai konversi mata uang, dengan kurs yang ter-up to date. Dan mendukung semua jenis mata uang dunia.

Contoh : 1 USD = IDR hasilnya :

4. Pemeriksaan Ejaan

Google juga bisa memeriksa ejaan kata kunci yang kita masukan. Jika kita memasukan kata kunci yang salah, maka google akan menyarankan kata kunci yang mirip kata kunci kita.

Contoh : ketik ejaan salah Revolusionar

Maka google akan menyarankan kata yang lebih umum yakni : Revolusioner

5. Mengisi bidang kosong

Satu lagi fitur google adalah google sanggup mengisi bidang kosong yang paling umum dipakai. Misal kita terlupa sebuah frasa, cukup masukan kata pertama diikuti tanda bintang, maka google akan menampilkan kata-kata untuk melengkapi frasa atau kalimat yang dimaksud.

Contoh : ketik Thomas Alva Edison penemu *

Hasilnya, google akan mencocokan frasa tersebut menjadi : Thomas Alva Edison penemu Bola lampu.

Demikian beberapa fitur tersembunyi dari mesin pencari google yang tidak terdapat pada mesin pencari lain. Semoga bermanfaat… ^__^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *